Sabtu, 13 Juni 2020

RPP SATU LEMBAR smp kelas 9 :Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

pertemuan 3

 

Satuan Pendidikan   : SMP N/S

Mata Pelajaran          : PAI & BP

Materi Pokok            : Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Sub Materi               : Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk

Kelas/Semester        : IX/Ganjil

Alokasi Waktu          : 3 X 40 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Menunjukkan perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Ø  Berperilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir dengan benar..

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 100 Menit)

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan

·         Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk Misalnya

·         Sebutkan amalan yang dapat menjadikan seseorang ahli surga!

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk

v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

·         Peserta didik diminta untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 4”, membaca  kisah teladan ”Penasaran dengan Calon Penghuni Surga”.

·         Pada kolom “Ayo Berlatih” peserta didik diminta untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Surga dan Neraka, Surga sebagai Balasan Amal Baik, dan Neraka sebagai Balasan Amal Buruk

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Terlampir

 

Proyek

: Buatlah majalah dinding mini dengan tema iman kepada hari kiamat seperti yang terdapat pada buku

 

 

 

Mengetahui

, 01 Januari  2020

Kepala SMP N/S

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

NIP.

NIP.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts